6 Feb

1 Juta Pengaduan Dan Testimoni Pelayanan Jaminan Sosial

Depok, LEADER (5/2/19). Salah satu hal yang menjadi penting dalam setiap pelayanan publik yang diselenggarakan oleh institusi, kementerian dan lembaga pemerintah serta lembaga-lembaga independen lainnya adalah soal penanganan masalah keluhan dan kendala yang dialami atau yang dirasakan oleh penerima layanan publik dalam hal ini adalah masyarakat.

Secara ideal soal penanganan masalah keluhan dan kendala yang dialami atau yang dirasakan oleh penerima layanan public atau masyarakat menjadi focus dan bagian yang harus dikelola dan ditangani oleh pemberi layanan karena bila tidak akan mengakibatkan kerugian, kekecewaan dan turunnya kepercayaan penerima layanan (rakyat) kepada pemberi layanan atau pemerintah.

Menyahuti banyaknya keluhan, pengaduan, laporan masyarakat yang ditujukan kepada LEADER Indonesia (Lembaga Edukasi dan Advokasi Demokrasi dan Ekonomi Rakyat Indonesia) maka Execitive Director LEADER Indonesia, Julhan Evendi Sianturi menginisiasi secara terrencana dan terprogram mekanisme pengaduan, pelaporan dan konsultasi masyarakat terhadap permasalahan dan kendala yang dialami oleh masyarakat dimana pun berada melalui pelaporan dan pengaduan melalui WhatsApp (WA).

“Kami mengajak seluruh rakyat Indonesia dengan semangat kegotongroyongan mari kita secara bersama-sama menyukseskan Program Jaminan Sosial, Baik Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, maupun Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.” Himbau Julhan Evendi Sianturi.

Lebih lanjut Julhan Evendi Sianturi menyatakan bahwa, “Untuk menyukseskan Jaminan Sosial tersebut maka kepada masyarakat yang mengalami permasalahan dan kendala dalam mendapatkan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas, Klinik, di Rumah Sakit dan seluruh pelayanan kesehatan atau mengalami kendala dan permasalahan dalam mendapatkan pelayanan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk melapor atau melakukan pengaduan melalui WA Nomor 0813-9907-2918.”

“Pengaduan dan pelaporan juga menyangkut persoalan dan kendala untuk pelayanan KIS, KIP, PKH, Masalah Sertifikasi Tanah, dan persoalan pelayanan publik lainnya.” Pungkas Julhan Evendi Sianturi. [ ]

Leave a Reply